Kamis, 18 Juli 2013

SITUS MAKAM MBAH MAIDAH

Salah Satu Seniman Kuno Yang Menulis Al-Quran Di Kulit Kambing

Dari wawancara dengan salah satu warga di Dusun Kauman Ngembalrejo Bae Kudus yang bernama H. Mahnur (Muhammad Nur) salah satu sesepuh dan  Imam Masjid Jami' Al-Huda, bahwa menurut cerita,Mbah Maidah adalah salah satu pemuka atau orang yang  Mbau Rekso di dusun Kauman Ngembal Rejo ini.

Mbah Maidah adalah putra dari pasangan K. Mustahal dan R. Nyai Kuning dari kerajaan Solo.Saudara Mbah Maidah di antaranya  adalah Tuan Tengah dan Bapak Kudarmi.Ada satu cerita yang menyatakan bahwa Mbah Maidah pernah menulis al-Qur'an dengan menggunakan pena tradisional.Pada zaman dahulu, pena tersebut dikenal dengan  nama pena sodo aren dan medianya menggunakan kulit kambing.Karyanya tersebut sebanyak 4 buah. 

Dan sekarang salah satu karyanya di abadikan di Museum Nasional Jakarta.   Menurut cerita, karyanya bisa sampai di Museum Jakarta, karena pada waktu itu Mbah Maidah menghadiahkan  karyanya tersebut kepada Ratu Sima Jepara, sebagai bukti Bapak Kepala Desa Kauman Ngembalrejo pernah berkata bahwa di desa ini pernah ditemukan kalung yang bertuliskan Ratu Sima, .Menurut warga ngembal rejo,bahwa Mbah Maidah adalah sosok pemuka masa dulu yang menyebarkan agama islam, beliau terkenal ahli riyadoh (tirakat) sehingga mampu membuat karya yang tidak semua manusia bisa melakukannya, dan beliau juga  termasuk  salah satu orang yang menjadi perintis di dirikannya Masjid Al-Huda di  dusun kauman Ngembalrejo yang makmur dan sejahtera ini.

0 komentar:

Posting Komentar