Kamis, 18 Juli 2013

HISTORIA MASJID AL-HUDA NGEMBALREJO

Masjid Al-Huda adalah Masjid yang ada di Kauman Ngembalrejo yang terletak di sebelah utara jalan raya Kudus- Pati persisnya di sebelah utara Pondok Pesantren Darul Ulum.

Menurut cerita Masjid ini di dirikan pada tahun 1901 dan pada masa ini di pimpin oleh Mbah Maidah, dan kondisi pada waktu itu masih berupa payon kuno, dan payon kuno tersebut di pakai salah satu  jenis burung dulu di kenal dengan burung  Dares burung hantu) sebagai tempat bersangkar atau berkembang biak ( susoh: bahasa jawa).

Pada tahun 1912 Masjid ini di rubah oleh K. Syiroj yang tadinya berupa payon biasa di rubah menjadi layaknya Masjid pada umumnya.

Pada tahun 1938, masjid ini  di tambah dengan berdirinya menara yang menambah kewibawaan Masjid Al Huda di Dusun Kauman ini dan pada masa itu di pimpin oleh K. Muslih.

Menara tersebut di dirikan di sebalah timur utara Masjid dan menara tersebut sekarang sudah tidak berbekas, karena sudah tertutup dengan bangunan menara baru yang sampai sekarang masih berdiri tegak, yang di dirikan oleh H. Ma'roef pada tahun 1965, biliau adalah pemilik PR. Jambu Bol. Pada masanya beliau adalah orang yang terkaya di desa Kauman.beliau juga dikenal oleh masyarakat Ngembalrejo sebagai orang yang sangat dermawan, sehingga, beliau sangat disegani oleh masyarakat di desa tersebut.

Dalam gambar di atas  sangat tampak sekali bentuk menara yang menjulang tinggi dan di atasnya di huni  oleh burung hantu, apabila malam hari burung tersebut berkicau dengan suara yang sangat mengerikan sekali, di samping itu burung tersebut juga mempunyai telur yang sangat besar berbeda dengan telur burung pada umumnya.
Setelah H. Ma'roef  wafat, beliau digantikan oleh H. Nawawi yang dalam silsilahnya beliau adalah saudara kandung H. Ma'rof dari pasangan H.Rusdji dan Mbok Romlah.

Salah satu masyarakat di desa Ngimbalrejo mengatakan bahwa, masjid ini sangat nyaman di buat untuk beribadah,  dengan kondisi sederhana dan di dukung karya arsitek pada masa itu yang memiliki daya tarik antara iklim dan kondisi bangunan yang sangat cocok untuk majlis ta'lim.


Demikian sejarah singkat Masjid Al Huda yang ada di dusun Kauman Ngemabalrejo Bae Kudus.

0 komentar:

Posting Komentar